Refleksi Tahun 2015


Tidak terasa besok merupakan hari terakhir ditahun 2015 ini dan selesai petualangan ditahun 2015. Tahun 2015 merupakan salah satu tahun yang penuh dengan petualangan, pengalaman, dan pengetahuan baru. Tahun 2015 menjadi tahun lompatan karier yang saya miliki. Sedih esok menjadi hari penutup ditahun 2015 ini. untuk menutup tahun 2015 ini, saya mencoba merefleksikan kembali tentang apa yang telah saya lalui selama 2015 ini.

Diawali dengan merayakan malam tahun baru bersama pacar dan keluarga pacar saya. Ya yang ini rutinitas hampir setiap tahun yang saya lakukan dimalam tahun baru. Sayangnya, tahun ini hal ini tidak bisa dilakukan lagi, karena saya masih harus melaksanakan tugas Negara di Yogyakarta tercinta ini.

Tanggal 3 januari 2015, saya, adik saya, bang soni, dan pacar saya menyempatkan diri melakukan liburan di Riau Fantasi. Ya walaupun liburan sebatas di pekanbaru, tapi kami cukup menikmatinya. Teringat ketika pertama kali menaiki wahana ekstream, dan ternyata menakutkan, pacar saya sampai mau nangis dan Cuma berani naik 2 wahana setelah itu tobat dan berhenti. . Seharian kami habiskan waktu disini, berikut beberapa dokumentasi terkait liburan yang menyenangkan ini. dan saat ini, saya merindukan saat ini, saya merindukan saat berbahagia bersama dengan adek kandung dan pacar saya.



Dipenghujung akhir bulan januari ditahun 2015 tepatnya tanggal 26 januari, saya, bang soni, anam, dan kak oya pergi ke Yogyakarta mengikuti tes seleksi masuk pascasarjana informatika UII. Saya masih ingat hari pertama tiba di Yogyakarta, tujuan pertama yaitu Mc Donald, karena di pekanbaru tidak ada, jadi ya ini pertama kalinya saya ke Mc Donald, setelah itu kami berangkat menuju candi Borobudur [yah walaupun tujuan utama ikut tes seleksi masuk pascasarjana, sekalian liburan ] dan kembali ke Yogyakarta sore harinya untuk kemudian kami beristirahat karena keesokannya kami mengikuti seleksi. Setelah selesai mengikuti seleksi, kami berangkat menuju Pantai ParangTritis dan kembali ke Yogyakarta sore harinya. Malam harinya kami habiskan di Malioboro dan keesokan harinya kembali ke pekanbaru.


Lalu dibulan februari, dapat kabar yang sangat menggembirakan. Dimana ternyata kami berempat dinyatakan lulus tes masuk mahasiswa pascasarjana Magister Informatika UII. Alhamdulilah saat itu ketika saya mendapat suratnya saya langsung lompat-lompat di kantor dan teriak-teriak saking bahagianya. Bahkan langsung saya print surat pengumuman itu dan saya tunjukan ke ibu Ria yang merupakan Kasubbag saya dan saat itu kepala dinas saya juga melihat surat tersebut. Bulan februari yang sangat indah.


Dibulan Maret, karena keberangkatan saya ke Yogyakarta untuk mulai kuliah pada bulan april, keluarga saya dan keluarga pacar saya sepakat untuk melaksanakan pertunangan. Maka pada tanggal 22 Maret 2015 saya melaksanakan pertunangan tersebut. Pertunangan sendiri dilangsungkan secara sederhana di rumah orang tua pacar saya. Namun sangat disayangkan tidak ada acara dokumentasi, foto yang ada hanya sebatas dari kamera handphone. Karena saking bahagianya, sampai lupa untuk mendokumentasikannya. 

Dibulan Maret ini juga merupakan bulan bersejarah saya, karena selain saya melangsungkan acara pertunangan, saya juga dinyatakan lulus sebagai kandidat dosen STMIK AMIK Riau dan saya berhak mendapatkan beasiswa untuk kuliah S2 saya di UII. Alhamdulilah.

Dibulan April, tepatnya tanggal 16 April 2015, saya secara resmi menandatangani surat perjanjian penerimaan beasiswa dengan kampus S1 saya yaitu STMIK AMIK Riau.

Lalu pada tanggal 19 April, saya beserta 3 teman seperjuangan saya mulai berangkat ke Yogyakarta dan melaksanakan tugas Negara. Setengah kisah perjuangan saya ini juga pernah saya tulis pada postingan saya terdahulu.

Dibulan Mei saya secara resmi mulai mengikuti perkuliahan. Mulai ada tugas yang kejar-kejaran waktu, mulai mempelajari hal-hal baru, dan lain sebagainya. Dibulan mei ini beberapa petualangan yang saya lakukan diantaranya tanggal 11 Mei mengunjungi pantai Krakal di Wonosari. Sebuah pantai yang cukup indah. Termasuk foto header saya ini diambil di pantai Krakal.



Tanggal 18 Juni merupakan hari pertama memasuki bulan Ramadhan dan Ramadhan kali ini saya sangat jauh dari keluarga. Hari pertama berbuka puasa, saya dan teman seperjuangan mengadakan acara berbuka puasa bersama, jika tahun sebelumnya saya selalu berbuka puasa dengan keluarga, maka tahun ini juga berbuka puasa dengan keluarga. Ya teman seperjuangan saya ini sudah menjadi bagian dari keluarga saya.

Tanggal 20 Juni saya mengikuti Ujian Tengah Semester. Perjuangan dan cerita indahnya pernah saya dokumentasikan disini.

Kemudian memasuki bulan Juli, tepatnya tanggal 6 Juli saya pulang kampung ke Pekanbaru karena kampus sudah mulai libur [lebih tepatnya meliburkan diri takut harga tiket makin mahal ]. Dan saya jadi mengikuti tradisi mudiknya warga Indonesia.


Akhirnya setelah 2 bulan di Yogyakarta, bisa kembali ke Pekanbaru. Bisa kembali merasakan asapnya pekanbaru, panasnya pekanbaru, dan tentunya merasakan kembali ampera [kalau di Yogyakarta istilahnya angkringan ] di depan simpang rumah. Dan syukur alhamdulilah dapat merayakan lebaran idul fitri bersama keluarga. 

Dipenghujung bulan Juli tepatnya tanggal 30 juli 2015, saya harus kembali ke Yogyakarta. Ketika sampai di Yogyakarta, dapat kabar gembira karena tepat dihari itu ada pemberitahuan tugas dari mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan dan harus dikumpul keesokan harinya. Oke selesai liburan langsung harus kembali kerja.

Peristiwa penting pada bulan Agustus yaitu memilih konsentrasi untuk kuliah disemester 2. Dan saya dengan mantap memilih Forensika Digital sebagai konsentrasi saya disemester 2 [maav ada yang disensor ya ]


Akhir bulan Agustus ditutup dengan Ujian Akhir Semester 1 sekaligus menyelesaikan perjuangan satu semester. Mengenai refleksi satu semester yang saya dapatkan ada disini. Dan juga alhamdulilah sebuah anugerah bagi saya dibulan September tepatnya tanggal 17 September 2015 semua nilai akhir saya keluar dan saya mendapatkan IP sempurna. Mengenai cerita kebahagiaan tentang nilai sempurna ada disini.

Semester ini tidak ada libur panjang, setelah nilai keluar semua, kami semua langsung masuk kembali kuliah untuk semester 2. Karena sudah ada konsentrasi, anggota kelaspun menjadi berkurang. Dari yang awalnya 30 lebih sekarang tinggal 12 orang. Karena memang ada 12 orang yang memilih konsentrasi forensika digital.

Bulan Oktober merupakan bulan kelahiran saya. Biasanya merayakan hari ulang tahun saya bersama rekan kerja, teman kampus S1 dan tentunya pacar saya. Namun kali ini semuanya jauh. Tapi teman-teman S2 saya membuat surprise dan mengadakan acara untuk saya. Terima kasih teman-teman.


Bulan November, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti acara Kick Off Asosiasi Forensik Digital Indonesia di Jakarta. Sebuah kebanggan bisa mengikuti acara peresmian Asosiasi ini. Dibulan ini juga saya mengikuti acara Hacking and Digital Forensic Exposed (Hadfex) Conference.

Bulan Desember, saya mulai berpetualang lagi. Kali ini petualangan diarahkan ke Bandung. Inti acaranya sih ikut seminar tentang Workshop Forensik Suara. Ya sekalian berpetualang dan termasuk petualangan yang tak terlupakan.

Sepertinya cukup sekian deh refleksi saya selama satu tahun ini. sudah cukup panjang diceritakan. Akhir tahun sudah didepan mata. Sekarang saatnya menyusun rencana untuk tahun 2016. Terima kasih 2015 telah menjadi teman dan saksi perjuangan saya. Sungguh 2015 yang indah dan penuh kisah bahagia. Bisa dikatakan 2015 termasuk tahun kesuksesan saya. Dan saya berhasil membuat diri saya lebih baik lagi dari tahun 2014. 

Semoga 2016 ini saya dapat menjadi lebih baik lagi dari pada tahun 2015 ini. Amin.

Yogyakarta, 30 Desember 2015
Previous
Next Post »