Refleksi 2016

Tak terasa kita sudah berada dipenghujung tahun 2016. Waktu begitu cepat berlalu. Rasanya seperti baru kemarin menulis cerita tentang refleksi 2015 tapi sekarang sudah mulai menulis refleksi 2016. Rasanya seperti baru kemarin bertemu bulan januari, tak terasa esok akan kembali bertemu. 2016 alhamdulillah berhasil dilalui dengan sempurna. Berbagai resolusi yang direncanakan hampir semua terlaksana. 2016 menjadi salah satu tahun yang cukup indah dilalui. Berbagai macam rintangan, masalah, perjuangan, kesedihan, kebahagiaan, kebanggan datang menjadi satu silih berganti.

Refleksi ini dimulai dari bulan Januari 2016. Januari 2016 merupakan bulan dimana kegiatan semester 2 sudah hampir berakhir dan itu berarti deadline tugas sudah semakin mendekati. Akhirnya bulan januari banyak dihabiskan dengan mengerjakan tugas-tugas dan juga belajar dalam rangka mendekati UAS. Dan diakhir januari akhirnya ujian akhir semester 2 datang dan sekaligus mengakhiri perjuangan semester 2. Ya ini dia cerita tadi, rasanya baru kemarin semester 2, sekarang udah lulus saja. Oh waktu begitu cepat berlalu.

Cerita berlanjut dibulan februari. Dalam masa suasana libur perkuliahan, akhirnya bulan februari banyak dihabiskan berjalan-jalan di dunia maya mengitari hal-hal baru yang belum ditemui. Salah satunya mencari hal-hal yang bisa dijadikan ide tesis. Tanggal 22 Februari atau dipenghujung februari saya mulai memutuskan dan melaksanakan untuk menulis setiap harinya kegiatan apa yang saya lsayakan disebuah blog. Awalnya blog ini saya buka untuk umum, tapi sekarang saya private karena terlalu banyak rahasia yang saya tuliskan disana. Mulai tanggal 22 Februari sampai sekarang setiap hari saya menuliskan tentang apa aktivitas yang saya lsayakan agar kelak saya bisa melihat kembali kegiatan yang saya lsayakan dimasa lalu. Bulan februari juga karena mentok dengan ide tesis akhirnya dihabiskan dengan menuliskan buku yang pada bulan ini juga saya kirimkan ke penerbit dan tanggal 23 buku sudah mulai dicetak dan dilsayakan pengurusan ISBN. Di penghujung februari juga saya mulai mendesain website untuk web pribadi saya.

Selanjutnya bulan maret. Awal bulan maret diisi dengan liburan jalan-jalan bersama tunangan saya yang juga memang telah kami rencanakan untuk liburan bersama dari 2015. Seminggu pertama di bulan maret kami dan teman-teman saya juga liburan, dimulai dari ke Borobudur [walaupun sudah pernah tapi tetap pergi karena tunangan saya belum pernah], lanjut ke Dieng mengunjungi Sikunir, ke Kebun buah mangunan, Hutan Pinus Imogiri, Alun-alun kidul, Malioboro, dan lain-lainnya. Dan tanggal 3 maret juga saya meluncurkan website pribadi ku di alamat didiksudyana.com. Tanggal 19 Maret liburan resmi berakhir dan dimulainya hari pertama kuliah disemester 3. Dan maret ditutup dengan cerita sedih masih belum menemukan ide tesis.

Bulan April disibukkan dengan perkuliahan disemester tiga sambil berkelana mencari ide tesis juga. Diakhir april dimulainya kelas sertifikasi CEH dan mengikuti kelas ini 5 hari berturut-turut dan ternyata bulan April juga saya belum berhasil menemukan ide untuk menulis tesis. Bulan Mei memiliki cerita yang lumayan indah. Dibulan Mei saya berhasil lulus ujian sertifikasi internasional CEH dan CHFI, dan dibulan ini juga saya berhasil menemukan ide membuat tesis dan mulai menulis tesis.

Bulan juni memasuki bulan Ramadhan dan Alhamdulillah saya berhasil melakukan peningkatan ibadah di bulan Ramadhan ini dibandingkan Ramadhan tahun kemarin. Diakhir juni saya menjalani seminar proposal tesis saya dan Alhamdulillah disetujui. Bulan juni ditutup dengan kepulangan saya ke pekanbaru untuk libur lebaran dan menjadi salah satu peserta mudik lebaran 2016.

Bulan juli ditandai dengan kembalinya saya ke Yogya kota tercinta di pertengahan juli dan seminggu kemudian dihabiskan dengan fokus menyelesaikan tugas Olah TKP terkait analisis dan laporan investigasi kasus yang sedang ditangani. Diakhir juli revisi proposal tesis saya disetujui dan diizinkan oleh pembimbing untuk memulai penelitian. Sehingga mulai akhir juli dan Agustus saya disibukkan dengan menyelesaikan penelitian tesis. Untuk melihat tentang tulisan lebih lanjut saya terkait perjuangan menyelesaikan tesis bisa dibaca disini.

Bulan September diawali dengan perjuangan saya ke Jakarta seorang sendiri untuk menyelesaikan data penelitian saya. Setelah kepulangan dari Jakarta, langsung mengolah data dan tanggal 10 September saya menjalani seminar progress tesis saya dan alhamdulillah lulus dengan segudang revisi. Dibulan September juga walaupun bahagia bisa sampai seminar progress, tapi juga ada seminggu saya mengalami stress dan tesispun terbengkalai. Beruntung hidayah dari Allah datang dan saya bisa menyelesaikan segudang revisian tersebut di akhir September.

Diawal bulan oktober saya beristirahat sejenak dari hiruk pikuk tesis karena menunggu jurnal publikasi saya dinyatakan diterima. Setelah dua bulan setiap hari berjibaku dengan tesis, ternyata istirahat ketika itu sangat melegakan. Dipertengahan oktober jurnal publikasi saya dinyatakan diterima sehingga saya mendaftar ujian pendadaran tesis saya. Dan pada tanggal 22 Oktober saya menjalani ujian pendadaran tesis jam 8 pagi. Lalu jam 9 saya secara sah dan resmi telah dinyatakan lulus ujian pendadaran dan berhasil menyelesaikan pendidikan Magister saya 1,5 tahun. Disisa akhir bulan oktober saya habiskan dengan menyelesaikan revisi pendadaran tesis tersebut.

Memasuki bulan November. Diawal bulan November saya masih menyelesaikan revisi tersebut. Lalu pada tanggal 7 November saya mengikuti sertifikasi Pengelolaan Keamanan Informasi di Inixindo selama empat hari. Dan Alhamdulillah saya dinyatakan lulus sertifikasi tersebut. Setelah menyelesaikan sertifikasi, saya kembali ke aktivitas di kampus. Dimana pada waktu itu saya sibuk menyelesaikan pendaftaran wisuda yang ternyata berhari-hari baru selesai. Cerita mengenai proses pendaftaran wisuda yang begitu rumit bisa dibaca disini

Nah lalu dibulan desember awal saya hanya menghabiskan waktu bersantai-santai, bahkan sampai jenuh santai terus hahaha. Beruntung dipertengahan desember momen puncak dari kegiatan 2016 yang saya jalani tiba juga. Pada tanggal 17 Desember saya mengikuti acara Wisuda dan berhasil meraih prediket Lulusan Terbaik Pasca Sarjana periode Wisuda II Tahun Ajaran 2016/2017. Suatu momen indah yang akan saya ingat sampai kapanpun. Setelah wisuda, saya juga melaksanakan sesi foto prewedding saya walaupun nikahnya belum tentu tanggalnya, karena momen masih di Yogya dan Tunangan saya juga ada disini akhirnya kami putuskan saja untuk sesi foto prewedding disini. Setelah itu saya mengikuti acara Kunjungan Industri ke Jakarta yang diselenggarakan pihak kampus. Yah acara kunjungan industri ini seharusnya dilaksanakan pada bulan September tapi undur-undur sampai saya wisuda dan berstatus alumni baru jadi. Hahaha.

Oke cukup sekian refleksi 2016 saya. Besok tahun baru akan dimulai. 2017 sudah siap menyongsong dengan segudang resolusi dan harapan baru  yang harus dipenuhi. Terima kasih 2016 telah menjadi bagian hidup saya yang luar biasa. Tahun 2016 memang tahun yang luar biasa dengan pencapaian terakhir yang luar biasa pula dengan hampir seluruh resolusi yang dibuat terpenuhi dan berhasil menjadikannya sebagai tahun yang lebih baik dari 2015. Semoga 2017 besok akan berjalan dengan sempurna pula dan jauh lebih baik dari tahun ini. Selamat tinggal 2016. Waktu yang tidak akan pernah terulang namun kenangannya akan selalu teringat hingga sepanjang masa.

Yogyakarta, 31 Desember 2016
Official Site Didik Sudyana
Previous
Next Post »