Email Tracking Online

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas tentang email tracking secara online. Apa itu email tracking? Email tracking merupakan sebuah tindakan yang dilakukan untuk melacak sebuah email berasal dari mana. Email merupakan media komunikasi secara elektronik yang banyak digunakan dari dulu hingga sekarang. 

Ditengah eksistensi media komunikasi dengan chat messanger, komunikasi dengan media sosial, namun email tetap masih berdiri dengan gagahnya sebagai media komunikasi yang juga banyak digunakan. Salah satu kelemahan email adalah banyaknya email phishing dan email spam. Memang jika kita menggunakan email terkenal seperti yahoo dan google mereka sudah punya filter terhadap email spam ini. Namun tetap saja ada satu atau dua email yang terlewati. Dan tetap saja ada pengguna email yang kecolongan dengan email phishing dan email yang bersifat menipu.

Menurut (Wahyudi, 2008) ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah email tersebut asli atau palsu, yaitu :
  • Melihat header email. Dengan melihat header email maka bisa diketahui rute email tersebut dikirimkan.
  • Dengan menggunakan digital signature. Mekanisme ini jarang dilakukan karena tidak banyak orang yang menggunakan digital signature.
Yang akan kita bahas saat ini yaitu dengan cara melihat header email. Setelah melihat header email, maka untuk mengetahui rute email tersebut kita bisa menggunakan yang namanya email tracking. Ada berbagai macam email tracking baik yang berbentuk software ataupun yang dapat diakses via browser secara online

Penyedia layanan email tracking yang berbasis web secara online juga tersedia banyak. Namun ada dua email tracking online yang menurut saya mempunyai hasil yang baik. Yaitu :


Syarat untuk dapat mengetahui rute email adalah dengan menggunakan header emailnya. Lalu bagaimana untuk melihat header email? Setiap provider email memiliki caranya masing-masing. Tapi untuk beberapa email yang terkenal seperti yahoo, gmail, dan hotmail, bisa melihat cara melihat email headernya disini http://whatismyipaddress.com/find-headers.

Disini sedikit kita akan demo kan bagaimana melihat rute email yang ada dari email kita. Saya menggunakan provider email yahoo. Dan akan mencoba melihat rute email dari salah satu email yang ada dalam folder spam saya.

Seperti ini salah satu email yang masuk ke folder spam saya. Email ini bersifat penipuan karena mengatakan akun paypal saya mendapatkan penambahan kredit senilai $563. Email seperti ini termasuk email penipuan. Iya penipuan, wong saya tidak punya akun paypal kok . Maka coba kita lihat email ini dikirim dari mana.


Pilih kategori “Lebih Lanjut” dan pilih menu “Lihat Header Lengkap”


Maka akan muncul header lengkap email tadi seperti gambar dibawah ini.

header email

Blok semua tulisan dalam header lengkap tersebut, kemudian copy. Setelah itu kita menuju salah satu penyedia email tracking online seperti contoh penyedia email tracking online yang telah kita bahas diatas. Kita ambil contoh akan gunakan http://www.iptrackeronline.com/email-header-analysis.php. Paste kan email header yang telah dicopy tadi di kotak “paste email header here”. Dan setelah itu klik Submit Header.


Maka akan muncul halaman hasil analisis terhadap email header yang kita masukkan seperti gambar dibawah ini.

email tracking

Dari hasil analisis tersebut dapat terlihat bahwa email ini dikirim dari Polandia dan sempat mampir ke Amerika. Dan terlihat jelas IP Address email tersebut dikirim dari mana, hingga terlihat jelas lokasi peta nya. 

Namun kekurangannya adalah, dalam lokasi peta tersebut, menurut pengamatan saya bukan alamat asli. Namun alamat ISP tempat dikirimnya email tersebut. Hal ini sudah saya coba dengan menganalisis email header yang dikirimkan dari alamat email kampus saya dengan domain @uii.ac.id. 

Hasil analisis email header dengan alamat domain @uii.ac.id tersebut, email tersebut bukan dikirimkan dari kampus saya yang beralamat di Jalan Kaliurang Km 14,5, sehingga menurut analisis saya alamat yang diberikannya ini merupakan alamat ISP yang digunakan oleh UII.

email tracking
Selain itu, juga ada satu kekurangan lagi. Yaitu dia tidak dapat melacak lokasi apabila email yang dikirimkan menggunakan provider email gmail, yahoo, ataupun hotmail. Contoh jika menggunakan gmail, maka yang terlacak oleh dia adalah server email nya gmail yang berada di Amerika Serikat seperti contoh analisis email header dibawah ini.

email tracking
Email header yang saya gunakan dalam contoh diatas merupakan email yang dikirimkan dari pengelola Pascasarjana Teknik Informatika UII. Email tersebut secara jelas dikirim oleh pengelola kampus saya, namun yang terlacak email tersebut dikirim dari Amerika Serikat.

Namun dibalik kekurangannya tersebut, tidak ada salahnya kita menggunakan tracking email ini untuk sekedar iseng-iseng untuk melihat lokasinya. Namun inti dari email tracking dengan menggunakan email header ini adalah untuk melihat domain email yang digunakan. Karena contoh jika ada email yang masuk seperti email yang dikirimkan oleh bank, maka kita bisa cek dahulu email header nya dan submit ke website diatas. Nanti kita lihat alamat email yang benarnya dari mana. Karena jika email dari bank tersebut, maka pasti menggunakan domain resmi dari bank tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat kita mengenai email tracking online ini. Semoga pembahasan ini menambah wawasan kita semua. Wassalam.

Yogyakarta, 26 Desember 2015
Referensi :

Previous
Next Post »