Contoh Analisa Kasus Cybercrime

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahas tentang bagaimana menganalisa sebuah kasus cybercrime berdasarkan 5 aspek penting. Apa saja 5 aspek tersebut? Kelima aspek tersebut yaitu skenario kejadian, hukum yang dilanggar, pihak yang terlibat, motif, dan modus operandinya.

Mengapa harus menganalisa kasus dengan kelima aspek tersebut? Karena dengan menganalisis menggunakan kelima aspek tersebut, sebuah kasus cybercrime akan menjadi lebih tersusun rapi dan jadi lebih mudah untuk dilakukan analisis selanjutnya. Dengan menggunakan profiling seperti ini maka akan jelas kasus ini seperti apa. Oke langsung saja kita coba menganalisisnya. Nah jadi pada kali ini, kita ambil contoh kasus yang masih ada di 2015.

Kasus yang diambil yaitu kasus yang berjudul “Router dan CCTV, Dua Alat untuk Curi Uang dari Rekening” dari CNN Indonesia [http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150420181213-12-47955/router-dan-cctv-dua-alat-untuk-curi-uang-dari-rekening/]. Sedikit ulasan kasus ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini dan oke langsung saja kita coba mulai menganalisisnya.


Skenario Kejadian

Adapun skenario kejadian kejahatan ini yaitu korban mendatangi ATM yang sebelumnya telah disisipi kamera kecil dan alat untuk merekam transaksi. Setelah korban melakukan transaksi di ATM tersebut, pelaku dengan menggunakan kamera kecil dan alat merekam transaksi tadi menduplikasi kartu ATM korban dan kemudian melakukan transaksi transfer uang dari rekening korban ke rekening pelaku tanpa disadari oleh korban.

Hukum yang dilanggar

Berdasarkan berita di media online CNN Indonesia, disebutkan bahwa pelaku kejahatan ini melanggar Pasal 362, 363, 406 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, Pasal 30 jo Pasal 46 atau Pasal 32 jo Pasal 48 Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Pasal 3, 4, 5, dan 10 UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dengan hukuman maksimal delapan tahun penjara.

Pihak yang Terlibat

Adapun pihak yang terlibat dalam kasus ini yaitu seseorang yang berinisial IIT dan telah ditangkap oleh  Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal  Polri di sebuah villa di Seminyak, Bali. Dan IIT dibantu oleh 3 rekannya yang saat ini berita ini diterbitkan masih buron.

Motif

Motif kejahatan dalam kasus ini yaitu mencuri uang setelah meretas akun rekening korban. Adapun korbannya sendiri bukan warga Negara Indonesia. Tapi mereka mengincar warga Negara asing yang sedang berlibur ke bali dan hanya mengambil sebagian kecil dari rekening korban. Motif mereka memilih warga Negara asing sebagai target karena WNA tersebut tidak akan mengecek kondisi keuangan mereka setidaknya sampai mereka kembali ke Negara asal mereka.

Modus Operandi

Adapun modus operandi dalam kasus ini yaitu :
  • Pelaku memasang router atau alat kecil yang bisa merekam segala aktivitas yang dilakukan saat seseorang melakukan transaksi ATM. Alat tersebut dipasangkan dalam sebuah ATM dengan cara membongkarnya diam-diam
  • Kemudian pelaku menutup CCTV yang ada di ATM dengan menggunakan plester agar identitas mereka tidak diketahui pihak bank ketika membongkar ATM untuk memasang router
  • Selanjutnya pelaku memasang kamera kecil dibawah tudung pelindung nomor ATM. Tujuan kamera ini agar pelaku mengetahui pin ATM korban
  • Setelah korban melakukan transaksi di ATM tersebut, pelaku mengambil kamera dan router tadi
  • Data dalam router dipindahkan ke kartu palsu (white card) dan melihat rekaman kode pin yang di entri korban melalui kamera kecil tadi 
  • Kemudian pelaku melakukan transaksi dan mengirimkan uang ke rekening pelaku menggunakan kartu palsu dari ATM
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang analisa kasus cybercrime menggunakan 5 aspek analisis. Semoga pembahasan ini menambah wawasan kita semua. Wassalam.

Yogyakarta, 21 Desember 2015
Referensi :
  • Pratama, A. B. (2015, April 20). Router dan CCTV, Dua Alat untuk Curi Uang dari Rekening. CNN Indonesia. Jakarta. Retrieved from http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150420181213-12-47955/router-dan-cctv-dua-alat-untuk-curi-uang-dari-rekening/
Previous
Next Post »