Kerinduan akan masa lalu

Terkadang ketika melihat-lihat beberapa momen yang sempat terabadikan oleh kamera dimasa lalu jadi merasa merindukan momen-momen tersebut, hal itu terjadi dengan apa yang saya rasakan saat ini. Berawal dari rindu akan keluarga, membuat saya membuka album-album lama yang tersimpan di dalam harddisk saya. Berawal dari melihat-lihat foto ayah, ibu, dan adik saya, berlanjut melihat foto-foto sekitaran tahun 2011-2013an bersama pacar saya [baca: saat ini sudah jadi tunangan].

Bernostalgia memang selalu indah, selalu mengingatkan akan masa-masa yang telah kita lewati terdahulu. Waktu memang tidak akan pernah kembali, namun setidaknya kenangan-kenangan yang telah kita lewati dan tersimpan rapi dalam file-file foto akan selalu teringat seolah-olah kita kembali ke zaman tersebut.

Saya sempat lama terhenti kita melihat momen-momen saya berseragam SMK dahulu. Zamannya dimana saya mulai melahirkan blog ini dan mulai belajar menulis walaupun hanya 1-2 postingan. Dan momen yang membuat saya sedih ketika melihat album foto-foto ketika saya dan teman-teman merayakan kelulusan SMK. Momen dimana mengikuti model yang saat itu berkembang dan mungkin sampai sekarang, yaitu momen mencoret-coret baju. Saya pun ketika itu entah kenapa ikut, mungkin karena merasakan euforia kelulusan saat itu. Momen ketika tiga tahun waktu saya dihabiskan bersama teman-teman SMK, momen dimana saat itu sangat membentuk jati diri saya hingga saat ini. 

Ah sudahlah, begitu rindunya akan masa-masa yang telah dilewati terdahulu. Mengingat masa-masa terdahulu yang telah dilewati perasaan sudah semacam es campur, sedih dan bahagia bercampur menjadi satu. Melihat betapa polosnya dan kanak-kanaknya wajah dahulu membuat perasaan ingin ketawa jika dibandingkan dengan saat ini. Ah waktu, begitu cepat engkau berlalu, saat ini melihat foto-foto nostalgia tersebut rasanya baru kemarin dirasakan.

Tapi kita semua harus tersadar dari indahnya mengingat nostalgia yang pernah dilewati terdahulu. Masa depan harus segera dilewati dan jangan biarkan diri kita tenggelam dalam gemerlap dan indahnya masa dahulu yang pernah kita lewati. Istilah sekarang yang lebih ngetrend yaitu, "Move On". Ya kita semua harus move on dan sambut hari esok dengan hati yang tak kalah riang gembira. Lakukan hal-hal yang lebih baik untuk esok dari pada hari ini dan masa yang telah dilewati sebelumnya.

Karena beberapa foto-foto dibawah inilah yang membuat saya kembali bernostalgia dan teringat akan masa-masa yang telah saya lalui.


Yogyakarta, 26 Februari 2016
Previous
Next Post »