Mirisnya Musholla di Gedung Besar Indonesia

Postingan ini dibuat untuk mengungkapkan kesedihan yang saya rasakan sebagai seorang muslim karena begitu ironisnya keberadaan musholla yang ada di gedung-gedung besar di Indonesia. Coba ketika ke mall besar, ke gedung-gedung tinggi, hotel-hotel mewah, perhatikanlah musholla yang ada disana. Pasti sangat menyedihkan. Dan maav kata, bahkan toilet yang mereka bangun jauh lebih baik dan perawatan yang diberikan jauh lebih baik dari pada musholla itu sendiri. Ilustrasi gedung nan mewah seperti gambar disamping ini yang saya maksud [gambar ini cuma ilustrasi].

Saya tidak tahu apa sih sebenarnya maksud mereka membangun seperti itu. Sangat-sangat menyedihkan. Please, bagi yang telah merancang gedung-gedung mewah dengan musholla yang begitu menyedihkan ini, kalian tinggal di Indonesia dengan mayoritas masyarakat muslim terbesar, kenapa kalian merancang denah gedung kalian seperti itu?

Saya sempat mengabadikan momen mirisnya keberadaan musholla di sebuah gedung mewah yang ada di Yogyakarta.

Perhatikanlah musholla itu, dengan ruangan yang sempit, pengap, karpet yang sudah apek, panas (ada sih AC, tapi mungkin sudah beberapa tahun tidak diservice karena sama saja seperti tidak ada AC tersebut), dan tahukah kalian, letak musholla yang saya foto itu berada di basemen parkiran dan hanya itu musholla yang ada dari sebuah gedung 10 lantai yang saya masuki. Kenapa mereka begitu tega membuat musholla yang seperti itu ya. Coba bandingkan dengan foto toilet yang sempat saya abadikan di gedung yang sama.

Lihat betapa indahnya toilet tersebut. Bahkan lebih harum toilet ini dari pada musholla yang saya masuki. Lebih bersih toilet ini dari pada musholla yang ada di foto diatas. Dan bahkan tiap lantai ada memiliki 1 sampai 2 toilet seperti ini. Yang membuat lebih tercengang lagi, bahkan di beberapa gedung, lebih besar toilet dari pada mushollanya.

Apakah sedemikian beratnya untuk membangun sebuah musholla yang layak untuk pengunjung? 
Apakah sedemikian beratnya membayar seorang cleaning service untuk membersihkan musholla?
Apakah tidak ada tempat lain untuk membangun musholla selain basemen parkiran? 

Kejadian seperti ini sudah sangat sering saya jumpai. Baik ketika saya berada di Pekanbaru maupun saat di Yogyakarta. Begitu miris memang keberadaan musholla yang ada di gedung-gedung besar di Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. 

Semoga masih banyak orang-orang baik yang membangun sebuah gedung mewah dan memiliki musholla yang lebih baik dari pada toiletnya.

Yogyakarta, 29 November 2015
Previous
Next Post »