Infographic Kesadaran Mahasiswa Yogyakarta terkait Cyber Fraud

Sekitar 3 minggu yang lalu, dapat tugas kelompok mata kuliah Kejahatan Komputer. Satu kelompok beranggotan 6 orang [saya, bang Soni, mas Ervan, mas Rois, Putri, mbak Milla]. Nah tugasnya yaitu, disuruh buat inforgraphic tentang Cyber Fraud. Temanya sih bebas mau yang bagaimana, yang penting masih seputar Cyber Fraud. Setelah berdiskusi bersama anggota kelompok, akhirnya disepakati topik yang akan diambil yaitu "Kesadaran Mahasiswa Yogyakarta terkait Cyber Fraud".

Kenapa Yogyakarta? Awalnya sih maunya di Pekanbaru, Solo, dan Yogyakarta, namun berdasarkan arahan Dosen, maka dibatasi saja cukup Yogyakarta. Nah dalam tugasnya ini, datanya harus data asli yang benar-benar kita dapatkan sendiri. Jadi kami pun membuat kuisioner tentang topik kami ini yang berisikan lebih kurang 29 pertanyaan. 

Kemudian, setelah daftar pertanyaan kuisioner selesai, maka kuisioner dibagikan ke beberapa kampus yang ada di Yogyakarta [beruntung dikelompok ada mbak Milla dan mas Ervan yang berprofesi sebagai dosen di UTY dan UIN Sunan Kalijaga, jadinya  mahasiswanya 'dipaksa' isi , dibantu oleh Putri yang menyebarkan ke UII, dan saya sendiri meminta pertolongan teman saya untuk menyebarkan ke UGM]. Mahasiswa mbak Milla disuruh isi pake kuisioner manual [kertas], mahasiswa mas Ervan hampir keseluruhan dengan sistem kuisioner online [bantuan dari googleform].

Akhirnya setelah 2 minggu berjalan, terkumpul data kuisioner yang telah diisi sampai 570 mahasiswa. Wow banget itu, tidak menyangka akhirnya akan dapat segitu banyak data. Padahal targetnya hanya 200an. Terima kasih banyak mas Ervan, mbak Milla, dan Putri atas semangat juangnya menyebar kuisioner .

Nah setelah data 570 orang tadi dianalisa, jreng jreeeeeng, inilah akhirnya. Infographic Kesadaran Mahasiswa Yogyakarta terkait Cyber Fraud. Semoga infographic ini bisa menambah wawasan kita semua.

*Klik gambar untuk memperbesar

Yogyakarta, 5 November 2015
Previous
Next Post »