Challenge 1 Uji Forensik Objek Digital

Hari minggu kemarin tepatnya tanggal 1 November 2015, saya masuk mata kuliah Uji Forensik Objek Digital. Pada pertemuan kali ini, ternyata sudah mulai membahas tentang bagaimana cara menganalisis sebuah kasus forensik digital. Jadi kami diberikan sebuah Challenge oleh dosen dan disuruh menyelesaikannya. [Akhirnya praktek juga cara menjadi seorang analis forensik digital ] Soal challenge tersebut antara lain :


  • Who is Joe Jacob's supplier of marijuana and what is the address listed for the supplier?
  • What crucial data is available within the coverpage.jpg file and why is this data crucial?
  • What (if any) other high schools besides Smith Hill does Joe Jacobs frequent?
  • For each file, what processes were taken by the suspect to mask them from others?
  • What processes did you (the investigator) use to successfully examine the entire contents of each file?
  • What Microsoft program was used to create the Cover Page file. What is your proof (Proof is the key to getting this question right, not just making a guess).
Nah jadi dalam challenge kali ini, ada diberikan sebuah data hasil akusisi terhadap sebuah barang bukti digital terkait kasus kejahatan ini. Berdasarkan soal diatas, maka kami memulai menganalisis file yang telah kami dapatkan untuk dapat menemukan jawaban dari pertanyaan diatas. Untuk kasus kali ini, saya menggunakan Autopsy yang ada di Kali Linux 2.

Untuk lebih lengkapnya mengenai bagaimana cara saya dan teman-teman satu kelas menganalisis dan berhasil menyelesaikan challenge tersebut, silahkan saksikan video yang telah saya buat dibawah ini. [Video ini berdurasi sangat panjang, tapi dijamin tidak akan rugi melihatnya, karena akan dijelaskan step by step bagaimana langkah-langkah menganalisis dan menyelesaikan challenge ini ].


Bagaimana? Menarik bukan? Ini baru sebuah challenge yang mudah. Kata dosen, ini tidak ada apa-apanya, dalam praktek lapangan berpuluh kali lipat lebih susah dari pada ini. [waduh, padahal menyelesaikan ini saja kepala sudah mau pecah pusingnya, pun ini dapat diselesaikan akhirnya setelah diizinkan berdiskusi dengan teman-teman satu kelas , tapi maklum, challenge pertama.] Semoga pembahasan kita kali ini menambah wawasan kita semua.


Yogyakarta, 4 November 2015
Previous
Next Post »