PhD Life

Alhamdulillah mimpi saya sejak dahulu kala bisa kuliah S3 di luar negeri bisa terkabul. Terhitung sejak Februari lalu, saya sah melangkahkan kaki dan mengayunkan tangan menuju Negeri Formosa. Pulau kecil yang terletak di utara Indonesia. Membutuhkan waktu 5 jam perjalanan menggunakan Pesawat dari negeri tercinta, Indonesia. Yap, Taiwan lah negara tujuan S3 saya. Allah menggerakkan langkah saya menuju negeri ini. Allah memilihkan kampus yang terbaik untuk saya.

Siapa sangka, anak kecil dari desa, harus bekerja sambil kuliah untuk bisa menyelesaikan S1 dahulu, kini bisa bersekolah di luar negeri. Untuk sesaat biarkan saya berbahagia merasakan kehidupan baru saya ini. Izinkan saya untuk menikmati impian saya yang telah terkabul ini. Oke sudah cukup. Hahaha.

Karena pada kenyataannya, ini semua adalah awal terberat untuk dijalani dalam hidup. PhD Life telah dimulai. 3 sampai 4 tahun ke depan akan menjadi tahun-tahun terberat dalam hidup saya. Siapa bilang PhD Life bisa mudah? Tidak ada. Saya sendiri saat ini masih kaget menjalani kehidupan ini. Masih culture shock menghadapi kehidupan baru ini. Oleh karena itu,  izinkanlah saya untuk berbagi kolom baru dalam blog saya ini. Mulai ke depan, akan ada satu kolom baru berjudul "PhD Life".

Kolom ini akan saya isi dengan cerita kehidupan yang saya jalani selama PhD Life ini. Seluruh kisah bahagia, sedih, perjuangan, semuanya akan saya bagikan. Walaupun entah kapan bisa akan menulis kolom ini. Semoga target saya 1 bulan bisa menulis 2 tulisan bisa terpenuhi. Adapun alasan saya ingin membuat kolom ini, saya terinspirasi dari beberapa mahasiswa S3 Indonesia yang juga kuliah di luar negeri, dan mereka membagikan kisahnya di blog mereka. Saya dahulu sangat suka membaca seluruh kisah-kisah mereka. Sangat menginspirasi untuk saya. Makanya saat ini, ketika Allah mengizinkan saya menjalani kehidupan ini, saya juga ingin berbagi kisah ini. Stay Tune untuk 4 tahun ke depan di kolom PhD Life. Dan tulisan di blog ini, akan banyak pada kolom itu.

Hsinchu, 31 Maret 2020
Previous
Next Post »