Mendapatkan Beasiswa di NCTU Taiwan

Akhirnya bisa publish juga. Niat awal begitu mendapatkan beasiswa dari NCTU, mau menulis tentang ini. Biar teman-teman lain bisa mencoba juga. Tapi entah kenapa malas nya mengalahkan apapun. Tunda, tunda, tunda. Inipun sudah entah berapa lama menjadi draft, nulisnya dicicil sedikit, sedikit, sedikit. Hahaha. Tapi lebih baik dari pada tidak publish sama sekali.

Oke, sudah cukup intro nya. Kita pengenalan dulu ya tentang kampus NCTU. Jadi National Chiao Tung University ini terletak di Kota Hsinchu. Jaraknya sekitar 1 jam dari Taipei, ibu kota Taiwan. Hsinchu bukan kota yang rame seperti di Taipei, karena Hsinchu ini merupakan daerah industri. Julukannya Silicon Valey nya Taiwan.

Kenapa julukannya itu? Ya karena hampir semua perusahaan teknologi asal Taiwan yang mendunia, kantor dan pabrik nya berada di Hsinchu, seperti TSMC, Realtek, Mediatek, Zyxel, dan lain sebagainya.

NCTU merupakan kampus yang masuk ke peringkat 4 besar terbaik di Taiwan. Terkhusus bidang Computer Science bahkan peringkat 50-100 besar dunia. Kalau mau kuliah bidang Engineering, ke NCTU tepatnya. Tapi misal mau ambil bidang sosial, saran saya pertimbangkan kampus lain ya. Bukannya tidak bisa, ya bisa sih, tapi kampus lain ada yang lebih baik untuk bidang sosial.

Kampus NCTU [sumber foto]

Untuk beasiswa, ada beberapa program beasiswa yang bisa didapatkan. Tapi disini saya fokuskan ke 2 skema saja ya. Skema pertama yaitu "Elite PhD Scholarship" dan yang kedua "NCTU International Student Scholarship". Kita cerita duit-duitnya dulu ya, karena ini yang paling menarik. Hahaha.

Elite PhD hanya untuk calon mahasiswa PhD yang mempunyai prestasi luar biasa dan setiap department, hanya memiliki 1 kuota mahasiswa baru. Lho kok sedikit? Iya karena monthly stippend yang didapat luar biasa besar. Perbulannya bisa dapat 30.000 NT, kalau dirupiahkan sekitar 15juta perbulan plus gratis Tuition Fees sekitar 50.000-60.000 NT persemester [1 NT = kisaran 500 Rupiah].

Skema kedua, kuotanya relatif lebih banyak, namun besaran duit bulanan yang diterima tidak sebanyak Elite. Untuk peraturan yang baru di Fall 2020 ini, monthly stippend yang didapat sekitar 20.000 - 22.000 NT perbulan. Untuk uang kuliah atau Tuition Fees, kita sendiri yang menyisihkan dari duit bulanan tersebut. Jadi bersihnya uang jajan kita sebulan kisaran 10.000-12.000 NT.

Nah pertanyaan berikutnya, cukup tidak duit segitu untuk hidup di Hsinchu? Cukup kalau memang niatnya sekolah. Tidak cukup kalau niatnya jalan-jalan. Di postingan berikutnya saya akan ceritakan lebih detail berapa biaya hidup detail yang diperlukan perbulannya. Tapi rata-rata mahasiswa Indonesia di Hsinchu menghabiskan 8.000 - 10.000 NT perbulan.

Untuk yang bidang Engineering, terkhusus Computer Science biasanya di semester kedua bisa dapat duit tambahan. Duitnya dapat dari Professor atau Lab. Besarnya untuk anak Master sekitar 3.000 - 8.000 NT. Bervariasi memang, tergantung pendanaan dan banyak atau tidaknya project yang dimiliki oleh Lab. Jadi kita bekerja sebagai Research Assistant di Lab, Bantuin penelitian di Lab. Nah kelebihannya, kerjaan kita di project itu, bisa jadi Tesis. Jadi selesai project, selesai Tesis, selesai sekolah. Win-Win Solution.

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa tersebut? Saya bisa katakan sebenarnya mudah. Bahkan cenderung mudah untuk kampus dengan peringkat sangat baik ini. Menurut saya malah lebih susah masuk S2 atau S3 di UI, ITB, atau UGM. Kenapa mudah? Karena kita cukup mengirimkan berkas-berkas pendaftaran, kemudian berdoa, dan Insya Allah kalau berkas lengkap, CV bagus, diterima kok.

Penerimaan mahasiswa baru dibuka 2x setahun, yaitu di bulan Maret - April, pengumuman Mei, untuk kuliah di September (Fall). Dan di bulan Agustus - September, pengumuman di November, untuk kuliah di Februari (Spring). Biasanya kuota beasiswa untuk semester Fall lebih banyak dari pada semester Spring.

Untuk info detail mengenai seluruh informasinya, bisa klik disini [https://oia.nctu.edu.tw/en/degree-seeking/international-students/]. Tapi saya detailkan juga di blog ini, jangan takut. Hehehe.

Syaratnya apa saja? Gak banyak kok. Ini listnya.
  •  Application form
  •  Study plan
  •  Official degree certificate
  •  Full official transcript(including description of grading, GPA and class ranking)
  •  Two letters of recommendation
  •  Proof of nationality
  •  Confidential financial statement
  •  Proof of English proficiency
  •  Proof of Chinese proficiency
  •  Proof of work experiences (if applicable): It is required for application to the GMBA program.
  •  Proof of renouncement of nationality of the Republic of China (if applicable)
  •  Other documents
Untuk Application Form, itu kita nanti isi form secara online. Jadi kita harus register dulu ke URL yang saya kirimkan sebelumnya, cari Online Application. Register, dan isi seluruh formnya.

Study Plan itu dokumen yang berisikan apa motivasi kita melanjutkan study, background diri kita (ceritakan tentang S1 kita dulu apa, terus riset atau skripsi kita apa), bisa juga tuliskan secara ringkas apa prestasi yang pernah kita tempuh dulu, kemudian kenapa memilih NCTU, dan mengapa NCTU harus memilih kita.

Official Degree itu ijazah terakhir. Jadi kalau mau daftar Master, ijazah S1 dulu. Yang original dan translate nya ya. Jadi jangan cuma original yang bahasa Indonesia, gak ngerti nanti orang Taiwannya, ini ijazah apa sih. Hohoho.

Full official transcript itu ya transcript nilai kita. Udah pada tau lah ya. Dan jangan lupa, original dan translate nya.

Two letters of recommendation ini surat rekomendasi. Jadi nanti kita isi di form online, siapa yang akan memberikan rekomendasi. Jadi nanti sistem akan mengirimkan email ke pemberi rekomendasi, dan orang pemberi rekomendasi mengisi rekomendasinya secara online. Saran saya, minta tolong saja ke dosen pembimbing skripsi, Dekan, atau dosen PA. Lebih bagus lagi kalau pemberi rekomendasinya sudah Professor atau Doktor. Untuk nilai jual yang lebih tinggi aja sih. Kalau gak ada ya, dosen pembimbing yang masih S2 gak masalah. Saya dulu, rekomendasi dari dosen pembimbing S1 yang belum doktor masih aman kok.

Proof of Nationality itu paspor kita. Jadi discan paspor nya dan upload ke sistem. Jangan upload paspor yang udah habis masa berlakunya ya hehehe.

Confident financial statement, ini gak wajib. Jadi ini semacam surat pernyataan yang menyatakan kita punya dana 6000 USD di rekening kita atau orang tua kita sebagai penanggung jawab diri kita. Boleh menyusul surat ini ketika sudah dinyatakan lulus.

Proof of English proficiency ini sertifikat IELTS atau TOEFL kita. Nah enaknya di Taiwan, score yang diminta gak menyiksa jiwa raga kok. Minimal cuma IELTS 5,5 atau TOEFL 500. Score TOEFL 500 itu mudah banget kok dapatnya. Belajar sendiri aja sebulan Insya Allah pasti bisa.

Other documents, itu semacam dokumen pendukung. Jadi segala dokumen yang bisa menyatakan kebaikan diri kita, di submit saja. Contohnya pernah mendapat penghargaan apa, file-file publikasi jurnal dimana kita ikut sebagai penulisnya, dan segala jenisnya. Inti nya ini bisa menjadi nilai tambah buat kita. Jadi jangan malu, submit saja semua sertifikat-sertifikat yang pernah kita dapatkan.

Setelah dirasa seluruh dokumen diatas lengkap, tinggal submit deh. Pakai sistem pendaftarannya gak akan susah kok, mudah banget. Setelah submit, tinggal berdoa semoga diberikan kabar yang indah 2 bulan kemudian. Amin.

Jika ada yang dirasa belum paham, atau ada yang mau ditanyakan, hubungi saya saja ya. Bisa via Facebook, atau email ke didik_sudyana@yahoo.co.id. Insya Allah akan saya jawab segera. Oke postingan ini sampai disini dulu ya. See you soon guys in next post.

Hsinchu, 16 Agustus 2020

Previous
Next Post »