Usaha Maksimal & Hasil yang Memuaskan

Minggu yang lalu, pengumuman nilai untuk 4 mata kuliah saya di semester genap kemarin telah keluar. Apa hasilnya? Hasilnya sempurna. Saya mendapat IP sempurna. Ya sempurna. Saya mendapatkan IP 4.00, atau dalam artian, 4 mata kuliah saya tersebut mendapat nilai A semua. Pencapaian yang sangat sangat membuat saya bahagia. Bagaimana tidak, awal kuliah di UII dengan sebuah pesimistis apakah mampu bersaing dengan mahasiswa lain yang berada di Yogyakarta. Maklum, saya hanya dari sebuah daerah di Sumatera. Dan S1 saya pun, saya selesaikan hanya di sebuah Sekolah Tinggi. Yang ketika orang bertanya, dimana kuliah S1, dan saya jawab, pasti bertanya lagi, dimanakah itu?

Tapi sebuah keyakinan dalam hati kecil yang selalu memunculkan semangat untuk belajar. Sebuah keyakinan yang dari dulu saya yakini, bahwa apabila kita berusaha maksimal dan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dan diiringi dengan doa yang selalu dipanjatkan kepada Allah yang maha kuasa, maka hasil terbaik yang kita inginkan akan terwujud. 

Ketika kita sudah berdoa, sudah berusaha sebaik mungkin, Allah pasti akan mengabulkan doa kita karena usaha yang telah kita lakukan dengan kerja keras. Itu keyakinan yang selalu saya terapkan dalam jiwa saya. Begitupun ketika kuliah di semester 1 ini. Saya selalu bertekat untuk belajar dan mendapatkan ilmu-ilmu baru serta juga mendapatkan nilai sebaik mungkin. Target yang saya pasang diawal semester sempat membuat saya ragu apakah bisa untuk dipenuhi. Tapi hati saya selalu berkata, "Didik, kamu pasti bisa". 

Dan keyakinan dalam hati kecil saya itu untuk sekali lagi memang terbukti. Kuncinya, berusaha semaksimal dan sebaik mungkin, jangan lupa diiringi dengan doa yang tulus kepada Allah, dan yakinlah dalam hati bahwa kita akan memperoleh hasil yang kita inginkan.   


Yogyakarta, 17 September 2015.


nb. Sebuah bukti kecil pencapaian hasil yang memuaskan.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
17 September 2015 23.53 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar