Refleksi Satu Semester di UII

Jumat dan Sabtu tepatnya pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2015, saya telah melewati Ujian Akhir Semester 1 sebagai mahasiswa Pasca Sarjana Informatika di UII. Dengan telah berakhirnya UAS tersebut, maka berakhir pula perjuangan yang telah dilewati selama satu semester ini. Tidak terasa memang, rasanya baru kemarin datang ke Yogyakarta, dan sekarang sudah 1 semester terlewati. Tinggal 3 semester lagi. Alhamdulilah

Sekedar untuk refleksi selama satu semester ini, tentang apa saja ilmu baru yang telah didapatkan selama kuliah. Semester ini, mata kuliah yang saya ambil yaitu Sistem Pendukung Keputusan & Business Intelligence, E-Business, Etika Hukum dan Kebijakan TI, dan terakhir Metode Penelitian. Semua mata kuliah berbobot 3 SKS.

Untuk mata kuliah SPK & BI, diasuh oleh 3 dosen yang berbeda untuk 3 materi yang berbeda, yang pertama diasuh oleh ibu Dr. Sri Kusumadewi, seorang dosen tamatan UGM yang berhasil menyelesaikan studi S3 nya hanya dalam jangka waktu 2 tahun. Sebuah pencapaian yang sangat hebat. Oleh beliau, saya mendapat ilmu tentang penjabaran apa itu SPK, apa kegunaan dan manfaatnya, dan kapan SPK akan digunakan. Selain itu juga saya mendapatkan ilmu tentang bagaimana menganalisa sebuah kasus untuk diimplementasikan dengan menggunakan SPK, karena ada banyak SPK yang dapat digunakan, dan tidak semuanya cocok jika diterapkan pada sebuah kasus. 4 pertemuan dihabiskan dengan beliau. 

Setelah itu, dosen kedua yang mengasuhnya yaitu ibu Lizda Iswari, M.Sc. Ibu Lizda menyelesaikan studi S2 nya di International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation, The Netherlands. Oleh Ibu Lizda, kami diajarkan beberapa metode SPK, diantaranya MADM (Multi Attribute Decision Making) dengan metode yang diajarkan Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP), Topsis, dan AHP. Selain itu juga kami belajar Sistem Berbasis Pengetahuan dan Data Mining. 5 pertemuan dihabiskan untuk menguasai materi tersebut.

Pelajaran selanjutnya diasuh oleh bapak Hendrik, ST, M.Eng. Beliau menyelesaikan studi S2 nya di Asian Institute of Technology, Thailand. Oleh bapak Hendrik, lebih berfokus tentang materi Business Intelligence, sebuah materi yang benar benar baru bagi saya. Di Business Intelligence (BI) diajarkan tentang apa itu BI, tentang Data Warehouse, tentang Integrasi Data ETL (Extraction, Transform, Loading), OLAP (Online Analytical Processing), Dimension Modelling, dan Visualisasi Data. Sebuah pengetahuan baru yang sangat bermanfaat, dan ternyata di BI ini sangat banyak ide penelitian yang dapat digarap. Semoga nanti ke depannya bisa menghasilkan setidaknya satu penelitian tentang BI . Amin

Selanjutnya mata kuliah E-Business. Untuk mata kuliah ini diasuh oleh 4 orang dosen. Untuk pertemuan pertama, pak Erlangga Fauza, MCIS yang memberikan materi. Beliau menyelesaikan studi S2 nya di Florida Institute Of Technology. Oleh beliah, kami diajarkan konsep tentang e-Business. Sebuah konsep yang ternyata berbeda dari yang saya peroleh ketika S1. Ketika S1, ada juga pelajaran e-Business, tapi e-Business yang diajarkan tentang e-Commerce. Dan ternyata e-Business yang sebenarnya itu sangat sangat luas. e-Business yang diajarkan oleh pak Erlangga adalah konsep bagaimana sebuah perusahaan enterprise melaksanakan proses bisnisnya dengan teknologi informasi. 5 pertemuan mempelajari tentang konsep e-Business dan bagaimana proses bisnis dengan teknologi informasi tadi.

Kuliah selanjutnya dilanjutkan oleh Ibu Ir. Elisa Kusrini, MT. Seorang dosen tamatan ITB. Oleh bu Elisa, diajarkan tentang bagaimana proses supply chain and management di perusahaan, proses pengadaan di perusahaan dan proses pengadaan dengan elektronik atau yang biasa disebut e-Procurement. Selain itu juga dipelajari bagaimana sebuah perusahaan melakukan vendor assessment atau penilaian kinerja terhadap vendor perusahaan. Tugas yang sangat diingat dari ibu Elisa yaitu membuat paper tentang kedua hal tersebut. Hehehe. 

Setelah 3 pertemuan dihabiskan untuk ketiga materi itu, pertemuan selanjutnya oleh bapak Dr. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc. Beliau menyelesaikan studi S2 nya di University Of New South Wales, Australia dan S3 nya di Universitas Gadjah Mada (UGM). Oleh beliau, diajarkan tentang bagaimana proses sales and distribution di perusahaan dan proses Material Management. Materi ini sendiri dihabiskan dengan 4 pertemuan. 

Dan terakhir dilanjutkan oleh pak Yuli Agusti Rochman, M.Eng. Beliau menyelesaikan studi S2 nya di UGM. Oleh beliau, diajarkan tentang bagaimana menggunakan teknologi informasi dalam proses bisnis perusahaan dan salah satu teknologi yang digunakan yaitu dengan menggunakan perangkat lunak SAP. Benar-benar membuka wawasan dan pengetahuan tentang konsep bisnis di perusahaan.

Kemudian mata kuliah Etika Hukum dan Kebijakan TI yang diasuh oleh Bapak Dr. Bambang Sutiyoso, M.Hum. Beliau baru saja menyelesaikan studi s3 nya di UGM. Di mata kuliah ini, banyak mempelajari bagaimana konsep etika dan hukum tersebut dan kemudian bagaimana kebijakan TI. Banyak juga mengupas pasal demi pasal UU yang mengatur tentang TI ini. Salah satunya UU ITE. Sangat membuka wawasan tentang hukum. Ya sebagai seorang calon magister informatika apalagi saya akan mengambil forensika digital, tentunya akan banyak berjibaku dengan hukum, dan disini pondasinya dibangun. Orang IT tidak melulu harus bicara IT kan

Dan mata kuliah terakhir yaitu Metodologi Penelitian. Untuk mata kuliah ini rekor ada 5 dosen yang mengasuhnya. Hehehe. Dosen yang pertama yaitu oleh bapak Zainuddin Zukhri, ST, MIT. Beliau menyelesaikan studinya di University Kebangsaan Malaysia. Oleh beliau, diberikan pengetahuan tentang konsep penelitian, tentang plagiarisme, dan State of the art. Beliau banyak memberikan nasihat untuk pengembangan diri, salah satu contoh pada postingan saya dahulu yang berjudul Terminator dan Bani Israil  

Setelah 4 pertemuan yang sangat tidak terasa dihabiskan oleh beliau, selanjutnya dilanjutkan oleh bapak Yudi Prayudi, M.Kom, beliau menyelesaikan studi nya di ITS dan sekarang sedang menyelesaikan studi S3 nya di UGM (semoga cepat selesai ya pak. ) Oleh beliau diajarkan tentang konsep penelitian pada dunia Forensika Digital. Apa-apa saja penelitian yang bisa dilakukan di dunia Forensika Digital. Materi ini sendiri dihabiskan dalam waktu 2 pertemuan. Dan karena saya akan masuk ke konsentrasi Forensika Digital, akan banyak menghabiskan waktu dengan beliau ini hehehe. Kemudian materi dilanjutkan oleh ibu Izzati Muhimmah, Ph.D, seorang dosen tamatan Aberystwyth University, Wales, UK dan seorang pakar Informatika Medis. Ya sesuai pakarnya, beliau memberikan materi tentang penelitian di dunia Informatika Medis, sayangnya bersama beliau hanya 1 pertemuan, padahal pembawaan beliau dalam mengajar sangat bagus sekali. 

Untuk selanjutnya, mata kuliah dilanjutkan oleh bapak Fathul Wahid, Ph.D, salah satu dosen favorit saya , beliau menyelesaikan studi S3 nya di University of Agder, Norwegia (semoga saya juga bisa lanjut disini - Amin).  Oleh beliau, diajarkan konsep penelitian di dunia Sistem Informasi Enterprise. Selain itu, juga diajarkan tentang apa itu penelitian positivist, penelitian interpretive, design research, dan banyak hal tentang publikasi internasional. Belian adalah dosen yang sangat berperan aktiv di dunia internasional, banyak tulisan yang telah dihasilkannya (eh kok jadi promosi ini, hahaha, maklum dosen favorit ). Salah satu blog beliau yang sangat bermanfaat yaitu di http://publikasiinternasional.wordpress.com. Banyak ilmu bermanfaat disana. Sayangnya kebersamaan dengan beliau hanya 4 pertemuan :( karena untuk pertemuan terakhir dilakukan oleh bapak Taufiq Hidayat,  MCS, seorang dosen tamatan Dresden University, Germany. Oleh beliau diajarkan tentang teknik pengambiland data pada penelitian dan bagaimana mengolah data tersebut. Dan dihabiskan dalam waktu 3 pertemuan. Mata kuliah ini yang sangat berkesan bagi saya karena dosen-dosen yang memberikan mata kuliah sangat TOP deh. Hehehe.

Wah panjang banget ini tulisan, gak baik menulis dalam satu postingan yang sangat panjang, karena akan membosankan bagi yang membaca. Oleh karena itu sudah dulu ah nulisnya, yang ada bosan orang bacanya. Hahahaha. Terakhir, semoga nilai yang didapat semester ini memuaskan - Amin .




Previous
Next Post »