Memperpanjang Sertifikasi EC-Council Tanpa Ujian

Pembahasan kali ini adalah bagaimana memperpanjang sertifikasi EC-Council tanpa ujian. Ya sesuai cerita saya kemarin, kalau saya alhamdulillah lulus sertifikasi EC-Council dan saat ini saya mempunyai dua sertifikat dari EC-Council yaitu CEH dan CHFI. Nah yang namanya sertifikasi itu selalu ada jangka waktu sertifikat yang dimiliki. Tidak terkecuali dengan CEH dan CHFI yang mempunyai jangka waktu 3 tahun. Setelah jangka waktu habis, ya bisa saja sih kita memperpanjangnya dengan mengikuti ujian lagi. Tapi lumayan kan biaya nya, biaya paling murah itu 5 juta satu sertifikasi hanya untuk ujian. Duh sayanglah kalau harus buang duit 5 juta jika ternyata ada hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya gratis.

Nah ternyata EC-Council memberikan sebuah fitur untuk setiap membernya yang telah berhasil lulus ujian sertifikasi internasional dari EC-Council untuk dapat memperpanjang sertifikasinya jika sudah habis tanpa ujian lagi.  Nama programnya yaitu EC-Council Continuous Education. Selama 3 tahun kita disuruh untuk mengumpulkan angka kredit sebanyak 120 point. Setelah angka kredit tersebut terpenuhi, maka sertifikasi kita akan diperpanjang untuk jangka waktu 3 tahun lagi. 

Angka kredit 120 point dapat dikumpulkan dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang telah diatur oleh EC-Council. Seperti jika kita membuat buku, ikut sertifikasi IT Security lainnya, tergabung dalam organisasi-organisasi IT, dan lain sebagainya. Setiap aktivitas memiliki nilai angka kredit yang berbeda. Kemudahan lain yang diberikan oleh EC Council yaitu, walaupun kita memiliki 2 sertifikasi seperti CEH dan CHFI bersamaan, maka setiap aktivitas yang kita ajukan untuk angka kredit akan otomatis terakumulasikan untuk kedua sertifikasi tersebut. Jadi semisal kita menulis satu buah buku yang memiliki angka kredit 40, maka ketika kita submit ke EC Council, sertifikasi CEH dan CHFI kita masing-masing mendapat angka kredit 40.

Untuk info lebih detail terkait EC-Council Continuous Education ini, bisa lihat poster dibawah ini yang sudah saya buat dan untuk hal yang lebih mendetailnya, bisa mendownload file laporan yang juga sudah saya buat di http://s.id/ece.

*klik untuk memperbesar gambar

Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga pembahasan ini menambah wawasan kita semua dan kita bisa memenuhi 120 angka kredit selama 3 tahun tersebut sehingga dapat memperpanjang sertifikasi EC-Council kita tanpa harus ujian lagi. Wassalam.

Yogyakarta, 16 Juni 2016
Previous
Next Post »