Cerita Perkembangan selama Dua Bulan

Udah lama ternyata tidak menulis lagi di blog ini, apalagi untuk kisah-kisah bagian cerita harian dan cerita tentang perkembangan yang sudah terjadi terhadap diri saya sendiri. Maav sebelumnya karena aktivitas menulis di blog menurun drastis. Apalagi untuk jangka waktu dari April sampai sekarang. Jadi dipostingan kali ini saya akan sedikit menceritakan apa saja sih yang sudah terjadi selama dua bulan kebelakang dan kenapa saya menghilang.

Oke dimulai dari bulan April. Jadi selama bulan April itu lebih kurang diisi oleh kesibukan mencari ide untuk tesis. Ya soalnya sekarang kan sudah semester 3, jadi sudah harus mulai memikirkan tentang penelitian, jika tidak dipikirkan dari sekarang, maka bisa telat selesai kuliah karena penelitian bukanlah suatu hal yang bim salabim bisa selesai satu bulan, penelitian membutuhkan proses panjang dan perbaikan disana-sini untuk menyelesaikan suatu masalah yang diteliti. Banyak hal yang saya lakukan untuk bisa menemukan ide penelitian, sampai bertapa di goa pun saya lakukan. Hahahaha. Saya baca banyak paper untuk mencari gap research, sampai ikut melihat seminar proposal senior untuk bisa juga menemukan celah masalah yang bisa diteliti.

Satu bulan dihabiskan waktu bergelut dengan hal tersebut, aktivitas tersebut terhenti diawal Mei karena bulan Mei saya mengikuti sertifikasi internasional ethical hacking dari EC Council selama lima hari. Setelah itu dipertengahan Mei saya ikut The Amazing Trace IDSirtii dan diakhir Mei ikut sertifikasi internasional CHFI dari EC Council juga. Nah dibulan Mei ini juga tepatnya diawal bulan Mei alhamdulillah saya menemukan ide untuk melakukan penelitian. Dan tanggal 9 Mei saya sudah lakukan bimbingan pertama untuk bab 1 tesisnya. Ditanggal 12 Mei saya mendapatkan persetujuan oleh dosen pembimbing saya untuk melanjutkan bab 2 dan bab 3. Alhamdulillah bulan Mei merupakan salah satu bulan terbaik yang saya jalani ditahun 2016 ini. Tentang apa topik yang saya angkat untuk penelitian tesis saya, nanti saja ya info nya kalau saya sudah lulus ujian padadaran tesis. Amiin. Hehehe.

Kembali ke topik saya mengikuti sertifikasi internasional Ethical Hacking dari EC Council tersebut, diakhir Mei nya saya ikut ujiannya dan alhamdulilah saya lulus. Ujiannya sendiri dilakukan di kampus dan diselenggarakan secara online. Ada 125 soal yang saya jawab dalam waktu 240 menit. Soal yang keluar juga ternyata lebih banyak tentang manajemen ethical hacking ketimbang teknisnya, jadi sedikit menyulitkan memang. Tapi alhamdulillah saya dan seluruh rekan saya lulus. Berikut saya lampirkan sertifikat internasional CEH yang saya miliki tersebut.


Begitupun dengan sertifikasi internasional CHFI nya saya juga lulus ujian. Ujiannya hampir sama dengan CEH, cuma soalnya ada 120 soal dan waktu nya sama 240 menit. Diakhir Mei ini saya resmi menyandang gelar CEH, CHFI dan nama saya jadi sedikit panjang dengan bertambahnya kedua gelar tersebut. Hehehe. Sertifikasi saya tersebut berlaku sampai 2019. Berikut juga saya lampirkan sertifikat internasional CHFI saya tersebut. Saya sangat suka dengan sertifikatnya karena desain nya sangat cantik dan penuh warna. Hehehe.


Selain mendapat dua sertifikat internasional tersebut, dipastikan sertifikasi saya juga akan bertambah di Agustus nanti karena saya mendapat voucher pelatihan sertifikasi gratis dari acara The Amazing Trace IDSirtii. Alhamdulillah. Hehehehe. Nah di bulan Juni yang masuk dalam bulan Ramadhan, keberkahan yang saya terima masih berlanjut, hari senin lalu saya sudah daftar seminar proposal tesis saya dan sekarang sedang menunggu jadwal seminarnya. Saya mohon doa dari teman-teman semua ya agar ujian seminar proposal saya berjalan lancar. Amin.

Demikianlah cerita perkembangan saya dalam dua bulan belakangan ini. Saya sangat bersyukur menjalani dua bulan ini dengan penuh keberkahan dan anugerah dari Allah. Setelah dibulan Februari dan Maret saya berada disalah satu titik terendah dalam hidup saya yang pernah saya hadapi (salah satunya karena terbentur mencari ide penelitian tesis), sekarang saya alhamdulillah sudah berada di titik normal lagi dalam hidup saya. Saya berhasil keluar dari titik terendah dalam hidup saya tersebut. Dan memang salah satu langkah yang saya lakukan untuk keluar dari titik terendah tersebut dengan mendekatkan diri kepada Allah. Saya akhirnya bisa merasakan bagaimana moral kehidupan tidak hanya melulu dari jasmani, tapi juga dari rohani dan batiniah juga sangat-sangat berdampak dalam hidup.

Sebagai penutup, karena masih bulan Ramadhan, Marhaban ya Ramadhan, Mohon maav lahir batin untuk semua pembaca blog saya yang sudah repot-repot menghabiskan waktunya untuk sekedar membaca hasil sharing saya. Semoga kita dapat bertemu dalam Ramadhan yang akan datang. Selamat melakukan ibadah ramadhan sebanyak-banyaknya dan jadikan Ramadhan sebagai momen untuk memperkuat ibadah kita dan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Amin.

Yogyakarta, 15 Juni 2016

Previous
Next Post »