Alasan Kuliah di UII

Postingan ini dibuat menjawab pertanyaan beberapa teman dan kerabat yang selalu bertanya "kenapa di UII? kok gak sekalian aja langsung ke UGM, ITB, gitu?" pertanyaan mereka seolah merendahkan saya yang lebih memilih ke UII ketimbang kampus-kampus ternama tersebut. Saya punya alasan tersendiri dan sangat kuat kenapa memilih ke UII.

Silahkan cari, Universitas mana yang membuka peminatan forensika digital untuk level S2 ? yang ada paling mata kuliah forensika digital yang hanya 3 sks. Lalu apa yang kami pelajari sebagai forensika digital? Silahkan lihat sendiri daftar mata kuliah yang kami pelajari di forensika digital disini. http://master-fit.uii.ac.id/id/program-studi/magister-teknik-informatika.html. Seperti apakah forensika digital itu? contohnya seperti ini, jika ada kasus pembobolan sebuah website, kami yang akan menangani, bobolnya karena apa, siapa pelakunya, dan apa tindakan yang harus dilakukan setelah itu? itu yang akan kami pelajari nantinya. Selain itu UII satu-satunya universitas yang menawarkan peminatan tersebut di Indonesia. Satu-Satunya. Jika S2 di universitas ternama tersebut, mata kuliah biasanya paling hanya hal-hal umum, tapi di UII, diberikan mata kuliah yang sangat-sangat spesifik. Selain itu, akreditasinya juga sudah B, dan bukan hal yang tidak mungkin jika sebentar lagi akreditasi tersebut akan naik menjadi A. 

Yap. Forensika Digital kuncinya. ini merupakan ilmu baru di Indonesia dan saat sekarang ini dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang profesional dibidang tersebut. selain itu ada alasan lain lagi, yaitu ketika semester 3, akan ada mata kuliah yang ketika mata kuliah tersebut selesai dipelajari, mendapat sertifikasi CHFI (Computer Hacked Forensic Investigator). Apa itu CHFI? Silahkan googling sendiri. Jadi belajar selain dapat nilai mata kuliah, dapat sertifikasi. So ketika tamat, kami berhak menyandang gelar M.Kom, CHFI. Keren gak itu? jadi tamat bukan hanya izajah, ditambah sertifikasi yang menyatakan bahwa kami benar-benar profesional di bidang forensika digital. So, hanya UII yang menawarkan hal ini. Dan saya kuliah bukan mencari kampus ternama, tapi ilmu yang saya cari.

Jadi yang meremehkan kenapa saya masuk ke UII, saya harapkan baca postingan ini ya.



Previous
Next Post »